Menu
header photo

Title

Subtitle

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.

Kreasi Nasi Tumpeng Merah Putih Untuk Merayakan Kemerdekaan

August 9, 2016

Tumpeng sudah menjadi simbol untuk merayakan sedekah atau syukuran di Nusantara. Nasi Tumpeng 17 Agustus Sekarang Kamu juga dapat membuat nasi tumpeng beserta variasi ragam merah putih untuk menghidupkan HUT RI ke-70.

Lalu resep & cara memproduksi nasi tumpeng merah putih 'rumahan' yang dibagi Chef Apep Hendrawan, Executive Chef dari Pesanggrahan Gran Menyeluruh Jakarta kepada CNN Indonesia.

Bahan:

800 gram melukut putih
200 gram melukut ketan
1200 liter santan
2 pokok kayu serai
1 sdm kunyit halus
1 sdm kuas nipis
dua sdm garam
4 sutra daun selamat
1 serpih daun pandan

Bahan untuk pewarna ahmar pada tumpeng menggunakan paprika dan tomat yang diblender dan disaring. Paprika dan tomat yang sudah disaring kemudian dicampur pada beras yang selagi diaron.

Cara membuat:

1. Pertama cuci bersih beras ketan & beras, lalu tiriskan. Kukus di dalam panci.

2. Sambil menunggu nasi yang pada itu dikukus, Dikau dapat campurkan santan & kunyit. Lalu saring & buang tinja kunyitnya.

3. Masak santan dan tambahkan daun tabik, pandan, serai, dan pun garam. Intensif hingga santannya mendidih. Lantas matikan kompor.

4. Wejangan beras yang masih panas ke interior santan, campur hingga latar dan abaikan santan terserap sampai luruh. Beras mau menjadi aron atau separuh matang, dulu masukan kuas nipis. Kacau hingga papar.

5. Belakang kukus beras aron setengah selama 20 menit.

6. Angkat nasi lalu cucurkan ke di dalam cetakan tumpeng yang ujungnya lancip yang sudah diberi alas peparu pisang dalam olesi sekutil minyak daun.

7. Tambahkan aneka lauk, potongan timun, tomat, selada, serta rangup cabai untuk menambah komplit rasa dan tampilan nasi tumpeng ‘kemerdekaan’.

Go Back

Comment